Friday, April 16, 2010

Bahasa Makassar

Ini dia teman-teman, pelajaran terberatku di makassar, tentunya bahasa daerah makassar, delain bahasbya yang sulit, orang makassar juga menggunakan tambahan bahasa makassar kalo ngomong pake bhs indonesia, contohnya:
  • berapa ji
  • kenapa ma
  • pinjam ka
  • dan masih ada yng lainnya lagi
kata"ji, ma, dan ka" itu kata dari bahasa makassar yang di transfer ke bahasa indonesia sehari-hari orang makassar tapi selain itu ada lagi yang buat bahasa makassar makin susah dipelajari,

yang di atas ini namanya aksara lontara, huruf yang digunakan dalam bahasa makassar jadi bisa di bayangin kan gimana orang aceh yang kesasar di samarinda terus mencoba tinggal di makassar dan mencoba mempelajari bahasa ini, waktu pertama kali belajar bahasa makassar di sekolah, asli deh, aku cuma termenung meratapi huruf-huruf ini dan berusaha mengerti, tapi ya setelah ngerti sedikit, LUPA LAGI, yah pokoknya kayak lagunya kuburan "lupa-lupa ingat", bicara kuburan "ih ga usah dibicarain", kembali ke pokok masalah, menurut budayawan Prof Mattulada (alm) bentuk aksara lontara berasal dari "sulapa eppa wala suji". Wala suji berasal dari kata wala yang artinya pemisah/pagar/penjaga dan suji yang berarti putri. Wala Suji adalah sejenis pagar bambu dalam acara ritual yang berbentuk belah ketupat. Sulapa eppa (empat sisi) adalah bentuk mistis kepercayaan, ya tapi walaupun susah tetap harus dipelajari, toh, gak ada yang gak mungkin di dunia ini jadi tetap semangat!.

dan siapa yang bisa mngartikan di bawah ini, hebat deh! soalnya aku juga gak tau artinya.

8 comments:

  1. ya begitulah bhsx, jauh lebih susah dari bhs aceh

    ReplyDelete
  2. di teks itu satu2nya kata yang aku ngerti cuma "2009"nya aja.. hahaha

    ReplyDelete
  3. hahahah fania, aku juga gitu, tapi bagiku itu gak terlalu asing lagi

    ReplyDelete
  4. Itu Lontara tapi pakai bahasa Indonesia. Mudah kok.

    ReplyDelete
  5. maksudnya?????????????, bacax aja aku gak bsa

    ReplyDelete
  6. Akan lebih gampang dibaca jika bahasa makassar sendiri yg ditulis lontarak.... Tulisan di atas ttng acara yg diadakan kompasiana pd thn 2009. Selamat menikmati

    ReplyDelete

Leave your comment!

Visitor Counter

free counters